Selasa, 09 Oktober 2012

Batik Petani


Batik Petani disebut juga Batik Pedesaan adalah Batik yang biasa digunakan oleh kaum petani dimana pola-polanya tetap bersumber dari Kraton yang kemudian digubah dengan ragam hias yang berasal dari alam sekitar (flora dan fauna).





Batik Petani merupakan batik yang dibuat sebagai selingan kegiatan ibu rumah tangga di rumah di kala tidak pergi ke sawah atau saat waktu senggang. Biasanya batik ini kasar dan sedikit 'aneh' serta tidak halus. Motifnya turun temurun sesuai daerah masing-masing.

Batik ini dikerjakan secara sambilan sehingga tidak profesional. Pewarnaannya pun hanya dipasrahkan kepada saudagar yang menjual bahan pewarna. Jenis batik ini adalah salah satu pembuatan batik yang kurang kreatif. Ini karena pembuatnya adalah mayoritas perempuan petani yang tidak memiliki keterampilan khusus untuk membatik dan membatik bukan mata pencaharian hidup mereka
.

Beberapa contoh Batik Petani adalah Batik Bayat (Klaten), Batik Wijirejo (Bantul), Batik Imogiri, Batik Tuban, Batik Indramayu dan Batik Tulungagung.
Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar